Jumat, 30 November 2018

MATERI 5 - Penilaian Prestasi Kerja


Penilain prestasi kerja merupakan suatu pedoman dalam bidang personalia untuk mengetahui dan menilai hasil kerja karyawan selama periode tertentu.
Prestasi kerja memiliki tujuh factor, yaitu :
1.      Kuantitas kerja : seberapa cepat pekerjaan dapat diselesaikan
2.      Kualitas kerja : mutu hasil kerja didasarkan pada standar yang ditetapkan
3.      Keandalan : dapat atau tidaknya karyawan diandalkan
4.      Inisiatif : kemampuan mengenali masalah dan mengambil tindakan korektif
5.      Kerajian : kesediaan melakukan tugas tanpa adanya paksaan dan juga yang bersifat rutin
6.      Kehadiran : keberadaan karyawan di tempat kerja untuk bekerja sesuai dengan waktu atau jam kerja yang telah ditentukan

Tujuan dan Manfaat Penilaian Prestasi Kerja
Tujuan dari penilaian prestasi kerja adalah perusahaan dapat mengetahui dan menilai hasil kerja karyawan selama periode tertentu.
Manfaat penilaian prestasi kerja dalam suatu organisasi:
·         Peningkatan prestasi kerja
·         Kesempatan kerja yang adil
·         Kebutuhan-kebutuhan pelatihan pengembangan
·         Penyesuaian kompensasi
·         Keputusan promosi dan demosi
·         Kesalahan-kesalahan desain pekerjaan
·         Penyimpangan proses rekruitmen dan seleksi

Metode-Metode Penilaian Prestasi Kerja Karyawan
a.       Berorientasi pada masa lalu
Manajer menilai dengan mengunakan data masa lalu untuk menentukan seberapa besar produktifitas seorang karyawan.
b.      Berorientasi pada masa depan
Memusatkan prestasi pada masa yang akan datang melalui penilaian potensi karyawan dan penetapan sasaran kerja yang sesuai dengan jabatan karyawan.

Persiapan Penilaian Prestasi Kerja Karyawan
Menurut Moekijat (2007:75 – 78), dalam prestasi kerja diperlukan suatu persiapan penilaian:
1.      Unsur-unsur sistem penilaian hasil kerja
2.      Tantangan penilaian hasil kerja
a)      Tantangan undang-undang kerja
b)      Prasangka penilai
·         Hallo Effect
·         Kesalahan kecenderungan sentral
·         Prasangka pemberian kelonggaran dan kekerasan
·         Prasangka antar budaya
·         Prasangka pribadi
·         Pengaruh akhir-akhir ini

Dalam penilaian prestasi kerja karyawan, departemen personalia juga perlu menyusun prosedur atau tata cara pelaksanaan penilaian prestasi kerja agar tujuan perusahaan tercapai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar